Wednesday, December 16, 2009

Aku dan Sepasang Kekasih

--- note ini di-publish di fb 19 Juni 2009,, yang mau nikah muda! baca note ini!! hehehehe ---

Setelah mendapat apresiasi yang tidak saya sangka dari note saya sebelumnya, Aku dan Kakek Alumni SF ITB, akhirnya saya jadi pengen bikin note lagi! Hahahaha.. sambil mengisi waktu liburan.

PERHATIAN:
Note ini mungkin tidak semua orang suka. Agak kontroversial bahkan mungkin ada yang tidak setuju. Jadi mohon maaf terlebih dahulu kalo ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan. Kejadiannya baru aja terjadi 1 jam saat saya bikin note ini. Hari Jum’at setelah acara kaderisasi RTF untuk hari itu selesai. Walaupun capek, tapi greget pengen nulis. Yo wiss dimulai aja….

Setelah yakin klo visi dan hani gak akan pulang bareng ama saya maka saya pulang sendirian jam 18.15 bada’ maghrib stlh sholat dulu di salman. Di jalan ganeca menuju rs boromeus saya bertemu dila dkk. Akhirnya kita jalan bareng, Saya jalan sendirian di depan karena saya laki2 sendiri. Pas mw nyebrang ke boromeus , saya tungguin dila dkk. Selagi nunggu mereka yang jalannya gak secepat saya, saya melihat ada sepasang ce dan co lagi nyebrang PEGANGAN TANGAN layaknya sepasang kekasih. Trus mereka naek angkot kalapa dago ke arah kalapa yang sedang asik2nya ngetem. Disini yang saya masalahin adalah si ce itu akhwat (baca: ce muslim) dengan kerudung lebar layaknya mentor2 di salman yang sering saya lyat. Dengan positip thinking saya berpikir dalam hati klo mereka itu mungkin udah nikah. Saya jadi gondok juga, rupanya dila dkk gak akan nyebrang, wong mw naek angkot ke arah dago! Saya kan ke kalapa.. cape deh.. Akhirnya nyebrang sendiri.

Akhirnya saya naek angkot yang sama dengan ‘sepasang kekasih’ ini. Kan lagi ngetem. Baru keliatan mukanya. Yang co pake kemeja gris2 dengan daleman kaos putih, rambutnya botak tapi gak plontos (gimana ya saya nge-deskripsiinnya. Pokoknya botak yang klo dipegang kerasa rambutnya). Mukanya bersih dari jerawat, ada jenggotnya. Enak dipandang walaupun masih tetap gantengan saya (ayo yg mw muntah silahkan). Klo ce nya seperti yg tadi di blg. Di lengannya pake tutupan lengan lagi (aduh gak tau namanya apa), rok panjang dan lebar, baju pastinya tidak ketat. jadi dia 100% akhwat style! Hahaha.. umur mereka kayak mahasiswa tingkat atas. Tua tapi muda.. dan yang paling penting: si ce di jari manisnya ada cincin. Saya yg husnuzon lgsg berpikir dalam hati klo itu cincin nikah. Ya! Saya udah mantap berasumsi. Mereka berdua udah nikah.

Selama di jalan, saya gak peduli ama mereka. Wong mereka diem2 aja. Maklum, angkot penuh. Masa mereka ngerujak di angkot! (garing). Saya yg ganteng sendirian duduk di depan mereka. Paling pojok angkot. Lgsg buka tas dan keluarin sahabat saya, hp dan headset, utk menemani perjalanan yang tdk sebentar ini. Krena baru solat saya inisiatif setel murotalnya Misyaari Rasyid Al`afasy (copy paste namanya dari folder komp. Padahal gak apal! Hehehe). Enak bgt, dingin2 dengerin murotal dari beliau. Suaranya bikin kita yang ngedengerin jadi pengen nangis. Bagus soalnya suaranya.

Akhirnya sampai di daerah lengkong. Saya baru nyadar penumpangnya tinggal 4 termasuk saya dan sepasang kekasih itu. Si co lgsg terlihat lebih ‘nempel’ ama istrinya (saya anggap istri ya). Dan disinilah ‘keseruan’ dimulai!! Saya yg lagi denger murotal pke headset lgsg nge-pause lagunya dan pura2 denger headset (krn gak saya lepas) dan fokus menguping pembicaraan mereka. Si suami lgsg ngomong ke istrinya dgn lagak manja2an.
‘sana gih blg ke papa…’
‘ (c istri bengong) blg apaan ke papa? (mgkin maksudnya ayah dari si istri)’
‘bilang ke papa, anaknya lagi hamil.. ngidam terus.. (sambil senyum2 ngegodain sang istri)’
‘ikh,, apaan sih..’
Si istri lgsg cubit pinggang si suami. Dan suaminya pura2 berusaha menghindar padahal kelihatan sangat menikmatinya.. hahaha.. lucu bgt.. terus suaminya ngebelain diri
‘soalnya dikit2 anaknya (mksdnya si istri) minta bandrek, minta ini itu, (byk yg dy blg saya lupa, tapi yg terakhir saya paling inget!) sampe2 pengen nonton Drag Me To Hell segala.. hehehe.’
Si istri nyubit lagi.. aduuhh, so sweet! Romantic! (ala fitri tropica)

Akhrinya dengan terus berakting seolah2 saya lagi denger lagu pake headset saya diam2 menguping pembicaraan mereka. Si suami menyebutkan kata’ gedung annex’, ‘ke kampus’, ‘pake angkot’, ‘ kamu bisa jalan’. Yang saya simpulkan kalo si istrinya itu anak ITB, ngekost deket gedung annex dan suka ke kampusnya pake angkot padahal deket. Lucu bgt ngeliat si istri ngebela diri. Doi blg kan itu klo udah malem, capek lah klo jalan dan lain2. Sdgkan terlihat juga sosok pemimpin keluarga dari si suami yang memberikan saran kpd sang istri. Saya kurang tau apa si suami org ITB atau bukan, soalnya dy blg ‘ke kampus’, bukan ‘ke ITB’.

Sampai hal2 yang sering saya pertanyakan ttg nikah muda muncul. Yaitu manajemen keuangan. Karena sampe lengkong berarti bentar lagi mw nyampe stasiun kalapa, si istri mengeluarkan dompet yang bwt nyimpen uang seribuan (bukan wallet, tapi purse) dan memberikan kepada sang suami uang 2rb. Padahal ongkosnya 5rb utk 2 orang. Rupanya sang istri ingin menggoda balik sang suami. Si suami juga bengong, trus blg:
‘aduh.. ntar aq dilabrak ama tukang angkotnya. Masa seribu seorang.’
Si istri cuman nyengir menggoda sang suami. Skrg terbalik. Si suami yg nyubit sang istri.. iiikkkhhh,, so sweet! Romantic! (ala fitri tropica)
Akhirnya c istri ngasih ke suaminya 6ribu. Wah, dalam hati saya, saya pengen bilang klo ongkosnya cuman 2,5rb.. masa 3rb.. mahal bgt..
Setelah 6rb ada ditangan si suami. Si suami malah ngebalikin seribu dan blg klo 5rb udah cukup.

Dari sini saya dapat pelajari klo istri tugasnya emang pegang uang suami (walaupun saya gak tau itu pake uang si suami atau istri) tapi ujung2nya suami emg harus jadi pemimpin keluarga, yang mutusin segalanya dengan bijak jika si istri salah dalam memegang keuangan.

Seterusnya saya tidak terlalu fokus. Saya malah jadi merenung dan berpikir ttg nikah muda. Banyak positifnya daripada pacaran. Pegangan tangan sah2 aja.. cubit2an dan saling ngegodain gak dapat dosa. saling percaya dan berkomitmen bersama utk menuju masa depan yang lebih baik sambil tetap menjalani proses kedewasaan yang lebih cepat dan lebih baik. Karena proses kedewasaan yang terlalu bebas malah bikin qt tambah banyak dosa. Lyat aja, dengan pembelaan mencari jati diri brp byk teman2 qt yang malah ‘salah jurusan’ bahkan salah sambung dgn tujuan awalnya. Masa nyari jati diri malah gaul terlalu bebas, clubbing, ngikut style yg gak pantes bwt agamanya??

Coba dipikir. Kalo qt nikah muda, proses kedewasaan akan lebih cepat karena kita dihadapkan pada byk tanggung jawab. Seperti mw dikasih makan apa istri kita? Masa jadi istri ngeluh2 dan manja2an terus? Masa aq jadi suami tapi gak bersikap mjd pemimpin keluarga? Dengan sendirinya akan timbul kedewasaan dalam diri yang memang harusnya sudah ada pada diri qt yang umurnya udah diblg dewasa tapi sikap belum dewasa2 juga.

Tau NATC? Kata mentor gamais aq, Kak Gibran. Pemilik NATC tergerak utk menjalani bisnis bimbel ini krn dya mw nikah dan waktu itu masih bingung masalah ngasih makan apa bwt istrinya. Wong beliau kan masih kuliah pas nikah, jadi belum kerja. Tiba2 muncullah ide membuat bimbel utk mahasiswa yang mjd sukses seperti skrg. Malah katanya akan dibuat cabang layaknya GO dan SSC. Coba klo waktu itu pemilik NATC tidak nikah muda.. mungkin tidak akan ada NATC yang byk membantu anak TPB seperti skrg.

Udah ah terlalu jauh jadinya..

Akhirnya angkotnya udah sampe di Jl. Ciateul. Saya harus turun skrg. Dan saya tambah yakin mereka udah nikah krn sang istri panggil suaminya pake kata ‘mas’.
Saya turun dari angkot. Dan berkata dalam hati:
‘Ahh,, nikmatnya nikah muda….’

No comments: